Kamis, 24 November 2011

Ciri-ciri Orang Yang Tegas dan Percaya Diri

Ciri-ciri Orang Yang Tegas dan Percaya Diri

Tulisan ini terutama ditujukan kepada diri saya sendiri yang terkadang tidak percaya diri dalam menjalin relasi dengan orang lain. Kadang, minimnya rasa percaya diri malah menimbulkan antipati dari orang lain, bahkan banyak yang salah sangka dengan menuduh saya orang yang sombong.
Agaknya rasa minder telah menguasai diri saya dalam pergaulan. Rasa rendah diri bisa berakibat buruknya hubungan dengan orang lain. Bukankah hubungan baik dengan orang lain merupakan salah satu pintu rezeki? Paling tidak, rezeki non materi semisal pengakuan atas eksistensi diri dapat diraih. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri, hal yang utama dibangun justru rasa simpati dan empati kepada orang lain. Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang percaya diri yang saya catat dari sebuah pelatihan manajemen sumber daya manusia :

Orang yang tegas dan percaya diri secara verbal :
  • Membuat pernyataan yang jujur, jelas, singkat dan langsung pada masalah
  • Menggunakan pernyataan "saya" : "Saya ingin....." Saya pikir...."
  • Menawarkan saran perbaikan, buka nasehat atay perintah
  • Menawarkan kritik membangun, tidak menyalahkan, atau mengharuskan
  • Mengajukan pertanyaan untuk menemukan pemikiran dan perasaan orang lain
  • Menghargai hak orang lain
  • Mengkomunikasikan sikap saling menghargai pada saat kebutuhan dari dua orang sedang bertentangan, dan mencari penyelesaian yang dapat diterima kedua belah pihak
Orang yang tegas dan percaya diri secara Non-verbal :
  • Melakukan kontak mata yang intens dan pantas
  • Duduk atau berdiri dengan tegak dan santai
  • Bersikap terbuka dan mendukung komentar mereka
  • Berbicara dengan tekanan yang jelas, mantap dan tegas
  • Ekspresi wajah santai, tersenyum ketika merasa senang
  • Berbicara dengan mantap, teratur menekankan kata-kata kunci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar