Minggu, 13 November 2011

billy boen

MATERI Adalah SEGALANYA? (Billy Boen)

Kira-kira begitulah apa yang diproyeksikan oleh society kita sekarang ini; betapa tidak? Dari bayi sampai sekarang kita semua sudah dibuat 'bergantung' dengan merek. Baju bayi GAP Baby, makan bisa dapet maenan gratis di MacDonald, minumnya Coca Cola, naek mobil papa/mama Honda dan Toyota, dengerin musik pake Ipod, email dan browsing di internet pake laptop Toshiba, dst dst.

Ngga heran kalau secara mayoritas (termasuk anak muda) berpikir bahwa 'MATERI adalah SEGALANYA', memiliki barang-barang keren adalah sebuah kesuksesan. Mungkin banyak Agan yang tidak setuju dengan hal ini, GOOD! Karena artikel ini sengaja saya tulis untuk sekadar mengingatkan bahwa pemikiran yang diproyeksikan, dibuat, dibentuk, dan dikembangkan oleh society kita ini sesungguhnya tidak benar! Saya terinspirasi untuk menulis ini dari speech Barrack Obama di graduation ceremony Arizona State University beberapa tahun lalu (bisa ditonton di Youtube.com)

Lalu, apa arti sukses itu sendiri? Ini pertanyaan yang SELALU ditanyakan oleh mereka yang hadir di sesi tanya jawab seminar ataupun talkshow yang saya hadiri. Dan, jawaban saya apa? Sebelum jawaban versi saya,...coba jawab deh, "Apa arti sukses menurut Agan?"

Kalau menurut Barrack Obama, Presiden Amerika Serikat yang ke-44, sukses itu adalah ketika seseorang bisa berguna buat orang lain. Sungguh ngga kalah 'keren'nya arti sukses menurut seorang petani di suatu daerah, baginya dia itu sukses kalau dia sanggup menyumbangkan sebagian hasil jerih payahnya dari menanam padi untuk desanya. Ada seorang anak muda yang bilang bahwa arti suksesnya adalah ketika dia bisa meraih posisi puncak di perusahaannya dan tetap menjadi seorang pemimpin yang bersih.

Sudah coba jawab pertanyaan, "Apa arti sukses menurut Agan?" OK, kalau menurut saya, "Sukses itu ketika seseorang BERHASIL melakukan/mencapai/meraih apa yang telah dia ingin lakukan/capai/raih". Yes, ini adalah arti sukses yang general. Lalu, apa arti sukses menurut Agan Billy Boen?

Ada beberapa yang harus Agan ingat:
  1. Agan TIDAK BOLEH hanya memiliki 1 (satu) hal yang ingin dilakukan/dicapai/diraih
  2. Arti sukses terhadap sesuatu yang ingin dilakukan/dicapai/diraih harus BERKEMBANG dari waktu ke waktu
Menjawab pertanyaan di atas, begini ilustrasinya: Ketika saya baru mulai menulis buku "Young On Top", arti sukses menurut saya waktu itu adalah ketika nanti bukunya telah rangkum, dicetak, terbit, dan didistribusikan di toko-toko buku...maka saya telah sukses menjadi seorang penulis buku. Namun, ketika buku itu sudah terbit, arti sukses (dalam konteks ini) berkembang! Sekarang saya bilang ke diri saya sendiri, "Kalau buku saya sudah dibaca oleh 1 juta orang, baru saya bisa dibilang sebagai penulis yang sukses". Ngerti ya? Arti sukses harus terus berkembang. Jadi nanti kalau buku "Young On Top" sudah dibaca 1 juta orang, kemungkinan besar arti sukses saya (dalam konteks ini) akan berkembang menjadi 10 juta orang pembaca? We'll see...

Nah, di point 1 saya bilang, jangan hanya punya 1 (satu) arti sukses. Karena di dalam hidup, Agan tidak bisa hanya mengejar 1 (satu) hal saja. Saya kasih contoh kongkritnya ya. Dalam konteks sebagai penulis buku, ilustrasi di atas adalah arti sukses menurut saya. Tapi, saya juga punya arti sukses lainnya:
  1. Sukses untuk menjadi seorang suami dan ayah yang baik, dalam memberikan rumah tinggal dan pendidikan yang terbaik untuk mereka, disamping perhatian dan kasih sayang tentunya
  2. Sukses untuk bisa mengembangkan perusahaan-perusahaan yang telah saya bangun bersama partner saya
  3. Sukses untuk terus membuat badan saya sehat
  4. Sukses untuk terus mengembangkan "Young On Top", bukan hanya sebagai buku tapi menjadi sebuah komunitas anak-anak muda yang bisa berkarya untuk Bangsa ini
  5. Sukses untuk bisa memulai dan mengembangkan yayasan yang saya dirikan bersama partner saya: Share For Kids Foundation
  6. Sukses untuk ...................
Jadi, apakah "MATERI adalah SEGALANYA"? Sudah tahu apa saja (lebih dari 1) arti sukses menurut Agan?

Jangan biarkan orang lain yang menentukan, yang membentuk arti sukses Agan...hanya Aganlah yang harus bisa menentukan, membentuk arti suksesmu sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar